Selasa, 23 Februari 2016

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pesona Yang Sempurna

By Anonim   Posted at  23.04   wisata budaya No comments

 



Taman Nasional adalah Kawasan Pelestarian Alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.
Jawa Timur mempunyai 4 Taman Nasional, yaitu : Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Meru Betiri, Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Terletak di wilayah administrative 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tanggal 12 November 1992 atas pertimbangan  alam dan lingkungannya yang perlu dilindungi serta bermacam-macam potensi tradisional kuno yang perlu terus dikembangkan  .

Banyak sekali hal hal istimewa yang dimiliki TNBTS, diantaranya : memiliki gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu : Gunung Bromo ( 3776 mdpl), memiliki laut pasir yang sangat luas ( ± 6290 Ha),  Memiliki Gunung Bromo yang mempunyai kawah di tengah kawah pegunungan Tengger, memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat beragam, diantaranya bunga abadi yang sangat memikat yaitu : Edelweiss.

Gambaran  cuaca TNBTS dengan temperatur udara: 3° - 20° C,  curah hujan rata-rata: 6.600 mm/tahun, ketinggian tempat : 750 – 3.676 mdpl, letak geografis : 7°51’ - 8°11’ LS, 112°47’ - 113°10’ BT, tentu sangat menjadi pertimbangan positif bagi penggemar kegiatan outdoor untuk memilih TNBTS sebagai tujuan wisata. Sangat nyaman mendaki gunung-gunung di sana atau mengeksplorasi keindahan lain yang di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, karena cuaca tidak terlalu ekstrim di bandingkan dengan wisata indah lainnya di luar negri yang mencapai suhu nol derajat.

Keistimewaan lain adalah, memiliki banyak sekali air terjun, danau dan sungai .  TNBTS juga menjadi sangat menarik untuk di eksplorasi, karena di sana  tempat bermukim Suku Tengger yang   perilaku social  nya memperkaya khasanah budaya Indonesia.

Karena itu, tidak berlebihan bila saya tulis di judul tulisan ini, bahwa Pesona TNBTS Sempurna..!

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Wisata Jawa Timur. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.