Rabu, 13 Juni 2018

Penanjakan 1 , Tempat Melihat Sunrise Paling Disukai Wisatawan di Bromo

By Anonim   Posted at  00.47   wisata alam No comments



Wisata Sunrise di Bromo

Wisata Sunrise ( matahari terbit ) adalah wisata melihat keindahan gradasi warna langit akibat munculnya sinar matahari di pagi hari, wisata ini kebanyakan di lakukan di pegunungan maupun pantai. Beberapa gunung dan pantai menjadi sangat terkenal karena fenomena alam di saat matahari terbit di tempat tersebut sangat indah, baik dari gradasi warnanya maupun pemandangan sekitar yang nampak seiring dengan munculnya matahari. Salah satu yang paling terkenal adalah Wisata Sunrise di Puncak Penanjakan 1 Bromo.

Penanjakan 1 Bromo

Penanjakan 1 Bromo berada di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, di atas Gunung Penanjakan pada ketinggian 2770 mdpl di bangun berbagai sarana untuk meningktkan kenyamanan wisatawan . Pemugaran terakhir adalah pada akhir tahun 2017, pihak pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melengkapi pembangunan sarana dan prasarana yang sudah ada sebelumnya. Pagar pembatas antara view point dengan jurang-jurang di sebelahnya makin di perkokoh, untuk meningkatkan keamanan, karena terkadang wisatawan kurang memperhatikan keamanan diri sendiri karena saling berdesakan demi mendapatkan foto terbaik moment keindahan wisata sunrise di Penanjakan 1 Bromo.

Istilah Penanjakan 1 sebenarnya adalah untuk menujukkan bahwa lokasi ini adalah tempat melihat sunrise Bromo  tertua dan tertinggi di kawasan Pasuruan, Probolinggo dan Malang.
Sebenarnya masih ada lagi sunrise view point yang lebih tinggi, yaitu di Puncak B29 dan Puncak B30, akan tetapi akses menuju ke sana masih sulit dan belum se-terkenal Penanjakan 1.

Fasilitas di Penanjakan 1 Bromo

Pada umumnya wisatawan akan mencapai Penanjakan 1 pada sekitar pukul 03.00 sampai 04.00 dinihari, tentunya dingin bukan? bayangkan berada di ketinggian 2770 m dpl pada pagi buta dan kadang angin bertiup kencang bahkan kabut kadang juga menyelimuti permukaan bumi. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir kedinginan, ada persewaan jacket ( harga berkisar antara Rp.15.000 - Rp.20.000 ), serta banyak warung-warung serba ada yang menjual topi/kupluk/kerpus , syall, kaos tangan, kaos kaki, juga makanan dan minuman penghangat tubuh, anda bisa menyantap kudapan gorengan yang lezat sambil numpang nge-charge baterai handphone anda di sana.

Bagi kaum muslim, tersedia sarana untuk sholat subuh, beberapa mukena dan sajadah di sediakan gratis di sana, akan tetapi anda di minta untuk membayar sukarela untuk air yang anda pergunakan untuk wudhu.

Bagaimana dengan toilet ? Wah tidak perlu khawatir, beberapa warung menyediakan sarana toilet, serta pihak pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga membangun toilet dalam jumlah yang memadai.

Mengapa Penanjakan 1 paling terkenal ?

Jawabnya tentu saja karena pemandangan yang di suguhkan . Hanya di Penanjakan 1 anda bisa menyaksikan keindahan tiga puncak gunung dalam satu rengkuhan pandangan mata. Gunung apa sajakah itu ? Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru. 
Hanya di Penanjakan 1 anda bisa membuktikan fenomena alam bahwa Kawah Bromo adalah kawah yang berada di tengah Kawah Tengger.

Oke pembaca yang budiman, demikian tadi sedikit cerita tentang Penanjakan 1 Bromo yang memiliki spot sunrise view point terbaik di kawasan wisata Bromo Jawa Timur , Indonesia.

Salam Wisata.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

    Popular Posts

What they says

© 2013 Wisata Jawa Timur. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.