Sabtu, 20 Februari 2016

Bromo, Andalan Wisata Jawa Timur

By Anonim   Posted at  00.48   wisata alam 2 comments

gunung bromo taman nasional bromo tengger semeru

Jawa Timur, merupakan bagian dari wilayah Indonesia yang mempunyai banyak sekali lokasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, maupun wisata minat khusus. Salah satu kebanggaan Jawa Timur adalah Taman Nasonal Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

TNBTS merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki Laut Pasir yang luas, sekitar 5.200 hektar. Banyak object wisata yang bisa dijelajahi di TNBTS, yang paling populer adalah Kawasan Wisata Gunung Bromo.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang memiliki sejarah panjang baik dalam proses pembentukannya maupun perannya dalam kehidupan spiritual masyarakat Tengger yang hidup di sekitar kawasannya.

Menurut sejarah terbentuknya Gunung Bromo dan lautan pasir berawal dari dua gunung yang saling berimpitan satu sama lain. Gunung Tengger (4.000 m dpl) yang merupakan gunung terbesar dan tertinggi pada waktu itu. Kemudian terjadi letusan kecil, materi vulkanik terlempar ke tenggara sehingga membentuk lembah besar dan dalam. Letusan dahsyat kemudian menciptakan kaldera dengan diameter lebih dari delapan kilometer.

Karena dalamnya kaldera, materi vulkanik letusan lanjutan tertumpuk di dalam dan sekarang menjadi lautan pasir dan di duga dulu kala pernah terisi oleh air dan kemudian aktivitas lanjutan adalah munculnya lorong magma ditengah kaldera sehingga muncul gunung – gunung baru antara lain Lautan pasir, Gunung Widodaren, Gunung Watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo.

Kehidupan spiritual masyarakat Tengger, tidak bisa di pisahkan dari Gunung Bromo, karena pada waktu tertentu menjadi tempat penyelenggaraan upacara tradisional orang-orang Tengger yang disebut Kasodo. Upacara tradisional ini berlangsung setiap tahun, pada hari keempat belas bulan Kasodo atau bulan kesepuluh menurut kalender Jawa Tengger. Upacara itu merupakan perpaduan antara agama, kepercayaan setempat, dan adat-istiadat, meliputi persembahan kurban antara lain hewan ternak dan hasil-hasil pertanian. Semua persembahan itu dilemparkan ke mulut kawah.

Magnet Bromo Menjadi Andalan Jawa Timur

  1. Status Gunung Bromo yang masih aktif. Jangan heran bahwa petualang menyukai tantangan. Gunung Bromo tercatat sebagai gunung yang paling dicari wisatawan justru karena statusnya yang masih aktif, sehingga kita bisa melihat fenomena asap/kabut tebal yang keluar dari kawah, kadang-kadang keluarnya kabut disertai dengan suara gemuruh (terutama saat dalam status siaga)
  2.  Mudah di daki, tersedia tangga untuk menuju puncak kawah Bromo, sarana transportasi menuju ke sana juga sangat banyak pilihannya, bisa berkendaraan roda dua maupun menggunakan jasa persewaan jeep yang sangat mudah di dapatkan di sekitar kawasan Bromo.
  3. Saat trekking menuju Kawah, bila anda merasa capek, tersedia kuda sewaan yan siap anda tunggagi mencapai tangga kawah Bromo.
  4. Golden Sunrise. Di sebutkan bahwa sunrise di Bromo tercatat sebagai salah pemandangan wisata sunrise terindah di dunia. Ini di karenakan Bromo berada di jajaran gunung-gunung di Pegunungan Tengger, sehingga saat sunrise, luar biasa sekali keindahan detik detik matahari menyembul di antara puncak gunung-gunung yang berjajar-jajar.
  5. Fenomena Crater On The Crater ( Kaldera di tengah kaldera) di kelilingi padang pasir yang sangat luas, membuat perpaduan sempurna pesona wisata di Bromo.
  6. Fasilitas akomodasi yang mudah di dapatkan. Wisata Bromo telah memberi penduduk sekitar second job dengan membuka restoran maupun penginapan mulai skala Hotel , Villa maupun homestay. Ada juga yang menjadi pemandu wisata, penyedia persewaan kuda, ojek maupun jeep.
  7. Upacara keagamaan yang dilakukan di Bromo, mampu menyedot perhatian wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Lautan Pasir yang luas seakan tidak mampu menampung para wisatawan yang ingin menyaksikan peristiwa langka setahun sekali tersebut.

Wisata Bromo di Masa Datang

Kami sangat optimis bahwa di masa mendatang Bromo dengan daya tariknya yang luar biasa akan menjadi tujuan utama wisatawan asing ke Indonesia, seperti halnya Bali. Bahwa beberapa hal masih perlu peningkatan dan usaha lebih keras lagi dari semua pihak, itu bisa kita kerjakan bersama, di antaranya :
  1. Peningkatan kemampuan bercakap dalam bahasa asing terutama bahasa Inggris.
  2. Pengembangan Daya Tarik Wisata di sekitar kawasan Bromo, seperti pengelolaan secara serius potensi wisata agro apel, durian dll.
  3. Perluasan dan peningkatan media online untuk memperkenalkan Bromo kepada wisatawan mancanegara.
  4. Peningkatan pelayanan dan pengelolaan wisata pendukung misalnya, wisata air terjun, wisata sungai, wisata outbond dll.
Bila itu tercapai, kita tidak akan lagi takut menghadapi persaingan global dunia pariwisata.. Selamat Berjuang dan Berkarya bersama, demi Indonesia yang mampu bersaing.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

2 komentar:

  1. Duhh... jadi pengen kesana

    BalasHapus
  2. Dijadwalka saja Broo, kami siap menyambut....hahaha

    BalasHapus

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Wisata Jawa Timur. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.